Text
Analisis human error dalam pencegahan terjadinya kecelakaan di laut menuju tercapainya zero accident (studi kasus di KRI kelas Pandrong Satrol Armatim)
Peran pemanduan merupakan salah satu dari sekian banyak peran-peran
yangadadiKapalPerangRepublik Indonesia(KRI). Dalam pelayaran, seluruh
KRI wajib melaksanakan peran pemanduan terutama pada saat keluar atau
masuk alur pelayaran/selat sempit, tanpa terkecuali baik KRI yang termasuk
dalam striking force maupun patroling force seperti KRI kelas Pandrong.
Keberhasilan peran pemanduan sangat tergantung dari tim anjungan selaku
operator tim pengendalian kapal dalam menghindari kecelakaan di laut.
Banyaknyakecelakaandilaut yangterjadi disebabkan oleh kesalahanoperator
anjungan. Human error yang terjadi dapat dihitung menggunakan metode
Human Error Reliability Assessment (HRA) untuk mengetahui tingkat
keandalan operator. Terdapat banyak kuantifikasi metode HRA, salah satunya
adalah metode SPAR-H (Standardized Plant Analysis Risk Human Reliability
Assessment) yaitu sebuah metode yang mengamati 8 (delapan) PSFs
(Performance Shaping Factors) dan dependence condition factors setiap
operator yang diteliti. Perhitungan nilai Human Error Probability (HEP) akan
sangat berpengaruh terhadap dependence factors tersebut. Hasil perhitungan
Probability without dependence (Pw/od) akan berbeda jauh dengan
perhitungan Probability with dependence (Pw/d) karena dependence factors
menjadi lebih dominan ketika kegiatan tersebut dilakukan oleh sebuah tim
bukan perseorangan. Rekomendasi yang diberikan untuk mereduksi human
error sehingga tercapai zero accident adalah melatih operator minimal 6
(enam) bulan dan melaksanakan dinamika role game, fit and proper test dan
uji kompetensi calon operator baru, pemenuhan operator sesuai SKP (standar
kualifikasi personel) serta memberikan suasana anjungan yang lebih kondusif
saat peran pemanduan.
Kata kunci : Human Error, Reliabilitas, zero Accident, SPAR-H, PSFs
0425320151 | 042-53-2015 | PERPUSTAKAAN SESKOAL | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
No. Panggil | 042-53-2015 |
---|---|
Penerbit | Jakarta: Seskoal., 2015 |
Deskripsi Fisik | - |
Bahasa | Indonesia |
ISBN/ISSN | - |
Tipe Isi | Text |
Tipe Media | Book |
Subjek | MANAJEMEN TASKAP TESIS |
This software program inculding any documentation and media (software) is protected by copyright laws and international treaty,
and is a proprietary product of INNOVDIGI SOLUTION. The use of this software is also governed by terms of the Software License Agreement on the reverse side (Agreement).
Number of license: