Text
Analisis kecelakaan KRI Layang-635 di Perairan Selat Pulau Laut Kotabaru dalam melaksanakan tugas operasi
Keterbatasan jumlah KRI yang dimiliki NKRI untuk melayani wilayah yang
begitu luas menuntut TNI AL untuk dapat mengoptimalkan segala aspek
dengan semua cara yang mungkin. Salah satu cara yang dapat digunakan
sebagai sumber pelajaran adalah kejadian kecelakaan yang menimpa
KRI. Penelitian ini menyelidiki kasus yang menimpa KRI Layang 635 pada
insiden kerusakan as dan propeler di Selat Laut tanggal 23 Juli 2013.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan mengetahui
sebab kejadian kecelakaan dari aspek karakteristik alur pelayaran, cuaca,
masalah personil, organisasi, teknologi, dan perencanaan pelayaran.
Wawancara dilakukan pada berbagai pihak yang mengetahui kasus ini
dengan baik. Secara spesifik, penelitian ini mewawancarai Asops
Guskamlatim, Komandan Satkat Koarmatim, dan sejumlah personil KRI
Layang saat itu yaitu Ws. Kadepops, Kadivnavkom, Kelasi Kepala, dan
Kopral Dua. Temuan penelitian adalah bahwa faktor utama yang
menyebabkan kecelakaan adalah karakteristik alur pelayaran, cuaca,
masalah personil, dan faktor perencanaan yang kurang matang. Faktor
organisasi dan teknologi tidak bermasalah karena perintah telah jelas dan
komponen KRI tergolong baru. Penelitian ini memberikan gambaran
pencegahan kecelakaan KRI di masa datang. Saran yang diberikan
diantaranya adalah komandan KRI harus mendapatkan pelajaran bukan
saja dari materi standar, tetapi dari pengalaman, baik dari pengalaman
sendiri maupun pengalaman dari KRI lainnya. Harus ada kepatuhan
terhadap alur pelayaran resmi yang harus ditekankan lebih jauh sehingga
tidak ada KRI yang mengambil risiko melalui alur pelayaran yang tidak
resmi.
Kata Kunci: KRI Layang, Selat Laut, Kecelakaan Kapal, Alur Pelayaran,
Satuan Kapal Cepat
0455320151 | 045-53-2015 | PERPUSTAKAAN SESKOAL | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
No. Panggil | 045-53-2015 |
---|---|
Penerbit | Jakarta: Seskoal., 2015 |
Deskripsi Fisik | - |
Bahasa | Indonesia |
ISBN/ISSN | - |
Tipe Isi | Text |
Tipe Media | Book |
Subjek | MANAJEMEN TASKAP TESIS |
This software program inculding any documentation and media (software) is protected by copyright laws and international treaty,
and is a proprietary product of INNOVDIGI SOLUTION. The use of this software is also governed by terms of the Software License Agreement on the reverse side (Agreement).
Number of license: