Text
Analisis efektivitas dana efisiensi pelayanan kesehatan Ladokgi TNI AL Yos Sudarso terhadap kepuasan pasien anggota TNI AL dan keluarga peserta BPJS
Kesehatan merupakan kebutuhan dasar bagi setiap orang. Seiring dengan ditetapkannya undang-undang tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional, fasilitas kesehatan dituntut harus dapat mengakomodasi keinginan dan harapan pasien atas pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien. Kunjungan pasien anggota TNI AL dan keluarga ke Ladokgi TNI AL Yos Sudarso mengalami penurunan yang signifikan dalam kurun waktu dua tahun terakhir setelah berjalannya program BPJS. Beberapa asumsi tersebut diduga berkaitan dengan efektivitas dan efisiensi pelayanan kesehatan serta kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh efektivitas dan efisiensi pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien Anggota TNI AL dan keluarga peserta BPJS di Ladokgi TNI AL Yos Sudarso. Dari hasil pengolahan data dengan menggunakan software SPSS ver 20.0, diketahui bahwa terdapat pengaruh signifikan efektivitas pelayanan kesehatan dan efisiensi pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien. Besarnya pengaruh diuji dengan regresi berganda dengan nilai korelasi (R) sebesar 0,838 dan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 70,3% sehingga dapat disimpulkan efektivitas pelayanan kesehatan dan efisiensi pelayanan kesehatan memiliki pengaruh yang kuat terhadap kepuasan pasien. Efektivitas pelayanan kesehatan memberikan kontribusi sebesar 61,5% terhadap kepuasan pasien. Efisiensi pelayanan kesehatan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pasien. Efisiensi pelayanan kesehatan memberikan kontribusi sebesar 52,7% terhadap kepuasan pasien. Efektivitas pelayanan kesehatan dan efisiensi pelayanan kesehatan secara bersama- sama berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pasien. Efektivitas pelayanan kesehatan dan efisiensi pelayanan kesehatan secara bersama-sama mampu memberikan kontribusi sebesar 70,3% terhadap kepuasan pasien.
Kata kunci: efektivitas pelayanan kesehatan, efisiensi pelayanan kesehatan, kepuasan pasien
1195420161 | 119-54-2016 | PERPUSTAKAAN SESKOAL | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
No. Panggil | 119-54-2016 |
---|---|
Penerbit | Jakarta: Seskoal., 2016 |
Deskripsi Fisik | - |
Bahasa | Indonesia |
ISBN/ISSN | - |
Tipe Isi | Text |
Tipe Media | Book |
Subjek | MANAJEMEN TASKAP TESIS |
This software program inculding any documentation and media (software) is protected by copyright laws and international treaty,
and is a proprietary product of INNOVDIGI SOLUTION. The use of this software is also governed by terms of the Software License Agreement on the reverse side (Agreement).
Number of license: