Text
Evaluasi Program Validasi Pendidikan Dalam Mendukung Pengembangan Kurikulum Pendidikan TNI AL
Pendidikan di TNI Angkatan Laut menjadi sarana bagi tercapainya kemampuan profesionalisme prajurit yang dilaksanakan secara terpadu dan berlanjut, dengan falsafah “Dwi Warna Purwa Cendekia Wusana”, yang berarti selain membentuk prajurit pejuang Sapta Marga yang tangguh, juga memiliki profesionalisme matra laut yang terampil dan mahir dalam tugas serta memiliki kesamaptaan jasmani yang tinggi. Oleh karena itu, pengembangan pendidikan di TNI Angkatan Laut mengemban fungsi fungsi sesuai tahapan Prosedur Pengembangan Sistem Pengajaran (PPSP) atau Instructional System Development (ISD) dimana validasi pendidikan menjadi tahapan dari ISD dalam bentuk evaluasi eksternal (external evaluation). Hasil pelaksanaan validasi pendidikan yang telah dijalankan selama ini dinilai sudah dapat memenuhi kebutuhan untuk mendukung pengembangan kurikulum pendidikan. Namun demikian, muncul pertanyaan apakah diperlukan pelibatan Hasil Didik dan Atasan Hasil Didik dalam validasi pendidikan serta prosedur dan metode yang digunakan sudah tepat. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap pelibatan Hasil Didik dan Atasan Hasil Didik, metode pengumpulan data dan prosedur pelaksanaan validasi pendidikan. Penelitian evaluasi ini menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, dan Product) untuk mengevaluasi program validasi pendidikan yang dilaksanakan oleh Disdikal. Subyek penelitian ini adalah pejabat Spersal sebagai pembuat kebijakan dan Disdikal sebagai pelaksana dan pengguna hasil validasi pendidikan serta pakar pendidikan dari perguruan tinggi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan metode wawancara informan secara lisan terekam dan studi pustaka. Hasil data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan software Nvivo12 dan dianalisis dengan triangulasi data. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pelaksanaan validasi pendidikan oleh Disdikal sudah mampu memberikan hasil yang cukup baik, namun dari beberapa aspek model evaluasi CIPP masih perlu adanya perbaikan dan pengembangan lebih lanjut yaitu pada metode pengumpulan data dan model kuesioner serta prosedur pelaksanaan validasi pendidikan pada aspek input, proses dan produk. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa dari hasil evaluasi pada aspek input, proses dan produk masih didapatkan kendala dalam pelaksanaan validasi pendidikan yang perlu mendapatkan perhatian untuk perbaikan.
Kata Kunci: Validasi, Pendidikan, Kurikulum, Evaluasi, CIPP
1536020221 | 153-60-2022 | PERPUSTAKAAN SESKOAL | Tersedia |
No. Panggil | 153-60-2022 |
---|---|
Penerbit | Jakarta: Seskoal., 2022 |
Deskripsi Fisik | 154 hal, 21,5 x 30 cm |
Bahasa | Indonesia |
ISBN/ISSN | - |
Tipe Isi | Text |
Tipe Media | Book |
Subjek | MANAJEMEN TASKAP TESIS |
This software program inculding any documentation and media (software) is protected by copyright laws and international treaty,
and is a proprietary product of INNOVDIGI SOLUTION. The use of this software is also governed by terms of the Software License Agreement on the reverse side (Agreement).
Number of license: