Text
Analisis Keselamatan Operasi Penerbangan Angkatan Laut Australia Di Masa Depan
Tesis ini berfokus pada isu-isu kritis seputar keselamatan penerbangan di
Angkatan Laut Australia (Royal Australian Navy – RAN), dengan latar
belakang ketergantungan Australia yang signifikan pada perdagangan
maritim. 99% perdagangan internasional Australia berdasarkan berat
dilakukan melalui laut sehingga peran RAN dalam menjaga keamanan
maritim dan penerbangan sangat penting. Menggunakan pendekatan
penelitian kualitatif, penelitian ini terdiri dari wawancara mendalam dengan
para ahli keselamatan penerbangan dari Fleet Air Arm (FAA) dan tinjauan
menyeluruh terhadap literatur dan dokumentasi keselamatan yang ada.
Pertama, dengan mengevaluasi dampak teknologi penerbangan yang
muncul pada parameter keselamatan. Kedua, dengan mengidentifikasi
faktor-faktor yang mempengaruhi keselamatan penerbangan, termasuk
budaya organisasi dan tekanan eksternal. Terakhir, ia menawarkan
strategi praktis bagi RAN dan FAA untuk secara proaktif menyesuaikan
Sistem Manajemen Keselamatan (SMS) mereka. Salah satu temuan
penting adalah kebutuhan akan SMS yang dinamis dan adaptif yang dapat
dengan cepat merespons perubahan teknologi, terutama dengan
diperkenalkannya sistem tak berawak ke dalam operasi awak tradisional.
Ini sejalan erat dengan Teori Sistem dan Teori Keju Swiss, menekankan
bahwa keselamatan adalah sistem multi-faceted, saling berhubungan
yang membutuhkan strategi holistik. Penelitian ini juga menggarisbawahi
ketegangan antara efisiensi operasional dan keselamatan, menunjukkan
bahwa keseimbangan ini membutuhkan manajemen yang cermat. Selain
itu, studi ini menjelaskan tantangan seputar rekrutmen dan retensi tenaga
terampil, terutama ketika bisnis eksternal menawarkan peluang kompetitif.
Berdasarkan hal ini, tesis ini merekomendasikan tindakan teoretis dan
praktis. Secara teoritis, FAA ingin berinvestasi dalam mengembangkan
model SMS adaptif dan memperluas Teori Keju Swiss ke konteks
operasional baru. Secara praktis, studi ini menyarankan penguatan
kemampuan audit internal dan eksternal, menumbuhkan budaya
keselamatan yang kuat dari bawah ke atas, dan menerapkan kebijakan
manajemen personalia yang ketat. Dengan mengindahkan rekomendasi
ini, RAN dan FAA dapat menavigasi tantangan keselamatan penerbangan
masa depan yang kompleks namun dapat dikelola dengan lebih baik,
sehingga memastikan kemakmuran ekonomi dan keamanan nasional
Australia.
Kata kunci: Keselamatan Penerbangan, Sistem Manajemen Keselamatan
(SMS), Teknologi Baru, Fleet Air Arm (FAA
1156120231 | 115-61-2023 | PERPUSTAKAAN SESKOAL | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
No. Panggil | 115-61-2023 |
---|---|
Penerbit | Jakarta: Seskoal., 2023 |
Deskripsi Fisik | 129 hal 20 x 30 cm |
Bahasa | Indonesia |
ISBN/ISSN | - |
Tipe Isi | Text |
Tipe Media | Book |
Subjek | MANAJEMEN TASKAP TESIS |
This software program inculding any documentation and media (software) is protected by copyright laws and international treaty,
and is a proprietary product of INNOVDIGI SOLUTION. The use of this software is also governed by terms of the Software License Agreement on the reverse side (Agreement).
Number of license: