Text
Strategi Six Sigma, Peta Pengembangan Kualitas dan Kinerja Bisnis
STRATEGI SIX SIGMA
Selama lebih 40 tahun, Total Quality Management (TQM) telah menjadi landasan konsep dalam berbagai kepentingan industrialisasi dunia. Namun, menjelang era milenium, beberapa pakar kualitas mensinyalir adanya kelemahan-kelemahan pada pendekatan konsep-konsep TQM tersebut, terutama pada aspek organisasional kerja yang terlibat dalam fungsi-fungsi proses pengembangan dan peningkatan kinerja bisnis.
Six Sigma pertama kali dikembangkan di Motorola pada pertengahan tahun 1980 dan dipublikasikan pada tahun 1995 oleh Jack Welch, General Electric. Six Sigma adalah metodologi bisnis yang bertujuan meningkatkan derajat kualitas dan kinerja organisasional yang berbasis nilai-nilai kapabilitas dari aktivitas proses bisnis. Penerapan Six Sigma ditujukan untuk meningkatkan kinerja bisnis dengan mengurangi berbagai variasi proses yang merugikan, mereduksi kegagalan-kegagalan produk atau proses, menekan cacat produk, meningkatkan profit, mendongkrak moral karyawan, dan meningkatkan kualitas produk pada derajat yang maksimal. Strategi Six Sigma secara detail menjabarkan metodologi, konsep, dan teknis pengaplikasian Six Sigma dalam strategi pengembangan dan peningkatan kualitas serta kinerja bisnis korporasi. Dilengkapi dengan CD yang berisi software IGRAFX 2005 serta Minitab versi 14 (dalam seri Beta- Demo) sebagai perangkat kerja bantu dalam implementasi metode-metode standar Desain Six Sigma, seperti diagram proses, diagram Ishikawa, manajemen proses bisnis, dan sebagainya.
9
Anang Hidayat kelahiran Surabaya 33 tahun lalu kini sedang berusaha meraih Doktor pada Program Doktor Ilmu Ekonomi (PDIE) di Universitas Brawijaya, Malang, setelah sebelumnya menyelesai- kan Magister Manajemen pada Program Pasca Sarjana di Universitas Indonesia, Jakarta. Sebagai dosen untuk bidang ilmu-ilmu esakta pada Fakultas Teknik dan pada Program Pasca Sarjana di Universitas Putra Bangsa dan Universitas PGR! Adibuana, Surabaya, ia terus meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan manajemen kualitas berbasis SIX SIGMA dengan sasaran peningkatan kinerja berbasis pada pengelolaan keuangan, sistem dan proses
2290024001 | 658.401-Ana-s | PERPUSTAKAAN SESKOAL | Tersedia |
No. Panggil | 658.401-Ana-s |
---|---|
Penerbit | Jakarta: PT.Elex Media Komputindo., 2006 |
Deskripsi Fisik | 388 hal 15 x 23 cm |
Bahasa | Indonesia |
ISBN/ISSN | 979-20-9787-2 |
Tipe Isi | Text |
Tipe Media | Book |
Subjek | - |
This software program inculding any documentation and media (software) is protected by copyright laws and international treaty,
and is a proprietary product of INNOVDIGI SOLUTION. The use of this software is also governed by terms of the Software License Agreement on the reverse side (Agreement).
Number of license: