Text
Optimalisasi kualitas pelayanan Ladokgi Yos Sudarso guna meningkatkan derajat kesehatan gigi prajurit dalam rangka mendukung tugas TNI Angkatan Laut
Tugas pokok TNI Angkatan Laut sebagaimana tercantum dalam Pasal 9
Undang-undang Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, menuntut kesiapsiagaan
semua unsur termasuk kesiapan kondisi kesehatan gigi prajurit. Terkait hal
tersebut TNI AL memiliki lembaga khusus penanganan kesehatan gigi prajurit,
yaitu Lembaga Kedokteran Gigi (Ladokgi) Yos Sudarso. Berdasarkan pada
kebutuhan organisasi dihubungkan dengan perkembangan lingkungan strategis
terkini, terdapat beberapa permasalahan terkait kualitas pelayanan Ladokgi Yos
Sudarso yang perlu dioptimalkan. Tujuan penelitian ini adalah memberikan
sumbang saran pemikiran bagi pemimpin TNI AL dalam mengambil kebijakan,
strategi dan upaya optimalisasi kualitas pelayanan Ladokgi Yos Sudarso.
Penelitian ini menggunakan metode gabungan dengan pendekatan survey
lapangan dan studi pustaka. Permasalahan yang diteliti mengacu pada teori
Service Quality (Servqual), yaitu: aspek tangibles dalam hal belum optimalnya
sarana dan prasarana, aspek reliability dan assurance dalam hal belum
optimalnya manajemen organisasi,serta aspek responsiveness dan empathy
dalam hal belum optimalnya sumber daya manusia. Implikasi jika permasalahan
tersebut tidak dapat diatasi adalah derajat kesehatan gigi prajurit tidak akan
meningkat akibatnya dapat mengganggu pelaksanaan tugas pokok TNI AL.
Untuk menganalisis implikasi antara variabel penelitian menggunakan Uji regresi
sederhana dengan hasil terdapat pengaruh signifikan kualitas pelayanan
terhadap derajat kesehatan gigi prajurit dan terdapat pengaruh signifikan derajat
kesehatan gigi prajurit dengan mendukung tugas pokok TNI AL. untuk
merumuskan strategi dan upaya menggunakan analisis SWOT dengan hasil
matrix berada pada kuadran satu yaitu mendukung strategi agresif dengan
mengoptimalkan segala kekuatan yang dimiliki yaitu: Ladokgi Yos Sudarso
sebagai pusat unggulan pelayanan spesialistik kesehatan gigi, kerjasama
dengan BPJS dan keberadaan RSGM yang sudah terakreditasi dikombinasikan
dengan memanfaatkan peluang yang ada berupa: program beasiswa TNI,
pembentukan Koarmada III dan Pasmar 3 di Sorong, serta kerjasama dengan
fasilitas kesehatan TNI lain di Makassar.
Kata kunci: kualitas pelayanan, kesehatan gigi prajurit, pusat unggulan
1135620181 | 113-56-2018 | PERPUSTAKAAN SESKOAL | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
No. Panggil | 113-56-2018 |
---|---|
Penerbit | Jakarta: Seskoal., 2018 |
Deskripsi Fisik | - |
Bahasa | Indonesia |
ISBN/ISSN | - |
Tipe Isi | Text |
Tipe Media | Book |
Subjek | MANAJEMEN TASKAP TESIS |
This software program inculding any documentation and media (software) is protected by copyright laws and international treaty,
and is a proprietary product of INNOVDIGI SOLUTION. The use of this software is also governed by terms of the Software License Agreement on the reverse side (Agreement).
Number of license: